Pengertian Pasar :
Kelompok Individual (Perorangan maupun organisasi)
yang mempunyai permintaan terhadap
barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembelinya.
Pengertian Pemasaran :
Kegaiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit
ataupun nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan,
serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan perusahaan.
JENIS-JENIS PASAR
Pasar Penjual :
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk
dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba
Pasar Pemerintah :
Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti
: departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain.
KONSEP-KONSEP INTI
PEMASARAN
Konsep produksi :
Konsumen menyukai produk yg tesedia dan selaras
dengan kemampuan dan manajemen berkosentrasi pada efisiensi produksi dan
distribusi.
Konsep Produk :
Konsumen
menyukai produk yg bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yg mencolok,
manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.
Konsep Penjualan :
Konsumen
tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan
penjualan yg baik.
MANAJEMEN PEMASARAN
Falsafah manajemen pemasaran :
- · KONSEP PRODUKSI : Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efesiensi distribusi. Konsep ini adalah falsafah paling tua digunakan dalam penjualan. Konsep ini masih berlaku dan bermanfaat pada dua situasi, yaitu situasi pertama, bila permintaan akan produk lebih besar dari penawannya ; situasi kedua, terjadi kalau biaya produk terlalu tinggi dan perbaikan produktifitas diperlukan untuk menurunkannya.
- · KONSEP PRODUK : Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik dan sifat paling inovatif dan bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan perbaikan produk
- · KONSEP PENJUALAN : Konsep perpendapat bahwa konsumen, dengan di biarkan begitu saja organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
- · KONSEP PEMASARAN : Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan lebih efektif dan efesien dibanding para pesaing.
- · KONSEP PEMASARAN SOSIAL : Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
- · KONSEP PEMASARAN GLOBAL : Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
BAURAN PEMASARAN
`Bauran
Pemasaran atau Marketing Mix adalah Kombinasi dari empat variabel atau kegiatan
yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur
harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
Pengertian Produk : Suatu sifat yang
komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna,
harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yg
diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Pengertian Saluran Distribusi : Saluran
yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau
pembeli industri.
Pengertian Harga : Sejumlah uang (ditambah
beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah
kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
Pengertian Promosi : Arus informasi atau
persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan sesorang atau organisasi
kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
TUJUAN SISTEM
PEMASARAN
Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan
merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja,
dan kemakmuran maksimum.
Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan
kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak
mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan
dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran
lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain
memiliki barang tersebut.
Memaksimumkan Mutu Hidup
Memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya
kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu lingkungan
fisik, dan mutu lingkungan kultur.
PENDEKATAN DALAM
MEMPELAJARI PEMASARAN
Pendekatan Serba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu :
pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan
resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.
Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat
dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb.
Pendekatan Serba Barang
(Pendekatan Organisasi Industri) Studi tentang
bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.
Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang
di ambil.
Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem
pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
No comments:
Post a Comment