Tuesday 8 October 2013

BAHAYA MINUMAN KERAS TERHADAP JANTUNG PADA PEMBULUH DARAH






                Dalam tulisan ini akan di uraikan secara singkat mengenai kinerja jantung sesuai penelitian para ahli dan inilah gambaran sekiilas mengenai jantung dan kinerjanya :
                Panjang jantung 12,5 cm, lebarnya 8,5 cm. Beratnya ketka manusia dilahirkan mencapai 25,20 gram. Pada manusia dewasa beratnya mencapa 310 gram bagi laki-laki dan 225 gram bagi perempuan. Dalam satu menit, jantung memompa sekitar lima liter darah dari sekitar 100 denyut permenit dengan begiitu, dalam satu hari jantung memompa darah sebanyak 7.200 liter dengan 144.000 denyutan. Dengan hitungan yanng lebih jauh, kita bisa  mengatakan bahwa manusia mencapai usia 75 tahun telah melakukan 3 miliar denyut jantung dan memompa darah sekitar 200 juta liter.
                Lalu, bagaimana alkohol mempengaruhi fungsi jantung? Meminum alkohol menimbulkan berbagai perubahan mekanis, fungsi elekrik dan kimia jantung. Dampak yang ditimbulkan karena perubahan mekanis jantung adalah sebagai berikut :


1. Pengaruh pada Proses Metabolisme

a. Proses Metabolisme Lemak
                Suaatu penelitian ilmiah menyimpulkan meminum alkohol dalam satu kali, akan berpengaruh pada bertambahnya secara langsung kandungan gliserida (asam lemak) pada otot jantung. Selain itu, alkohol juga berdampak pada jalur yang dilalui dengan berbagai cara. Jantung mengumpulkan lemak trigliserida darah, kemudian menusuk otot jantung untuk membentuk lemak scara otomatis. Dengan begitu, jantung semakin banyak menyimpan lemak. Penelitian lain juga menympulkan bahwa alkohol membantu penyedotan lemak dari usus, lalu dibawa naik ke darah, dan berubah menjadi kolesterol. Semua proses tersebut membuat pembuluh darah mengeras, karena gumpalan lemak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini mendorong mengerasnya pembuluh darah yang mengakibatkan pembuluh darah menyempit, sehingga terjadi gumpalan darah (thrombus). Gumpalan ini berakibat tidak tersalurkannya zat kimia darah yang diperlukan untuk tubuh. Dengan begitu, beberapa organ tubuh tidak berfungsi lalu mati (necrosis). Bebrapa pakar menyebutkan bahwa alkohol dapat menambah HDL darah dan mengutangi terjangkitnya ischemic heart disease.
                Hanya saja mereka mengabaikan bahaya yang mengancam anggota tubuh yang lain seperti jantung, dikarenakan pengaruh racun alkohol yang secara langsung mengenai organ tersebut. Pendapat ini seolah-olah memposisikan alkohol sebagai obat yang tepat untuk beberapa penyakit dengan melupakan pengaruh yang berbahaya terhadap jantung.

b. Proses Metabolisme Jantung
               kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat mengurangi unsur-unsur potasium dan fosfat pada otot pembuluh jantung.  Sodium juga bertambah dalam otot tersebut yang berakibat menurunnya fungsi jantung. Semua gangguan tersebut biasanya hilang kembali secara alami ketika peminum meninggalkan kebiasaan minum alkohol.
                Dampak lain dari kecanduan alkohol adalah berkurangnya unsur zink yang juga mengurangi fungsi jantung.

c. Proses Metabolisme protein
                adapun pengaruh secara langsung alkohol terhadap mitokondria adalah dapat berakibat pada kegagalan fungsi jantung, atau bahkan bisa berakibat pada masalah besar terhadap proses metabolisme. Hanya saja pengaruh metabolisme terhadap excitation contraction coupling dan protein yang mengakibatkan turunnya aktifitas otot jantung (contractile protein) serta berakibat fatal bagi jantung. Semua itu disebabkan oleh pengaruh alkohol, khususnya zat asetaldehida, yang mempengaruhi proses pembentukan protein yang berakibat pada berkurangnya protein pada otot-otot jantung.



2. Pengaruh alkohol pada fungsi jantung

a. Kemampuan fungsi mekanis
                Dari berbagai penelitian bahwa alkohol berdampak pada kemampuan jantung, sehingga jantung menyempit yang berakibat pada turunnya kemampuan dalam memompa darah, sehingga fungsi jantung tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai sunnatullah. Efek depresi ini bertambah jika terjadi luka  pada otot jantung, khususnya terhadap semakin lambatnya kinerja jantung.
                Sebagian peneliti menemukan bahwa meminum wiski dalam jumlah sedikit (dua atau tiga gelas), mengakibatkan jumlah darah yang di pompa jantung menurun dalam satu kali pompa (stroke volume), yang disertai turunnya jumlah darah yang di pompa jantung dalam satu menit (cardiac output). Ini terjadi terutama peminum alkohol telah terjangkiti penyakit pada otot jantung. Dr. Brown Woold berkomentar, “Alkohol bisa menyebabkan kemampuan otot jantung mengerut dan menurun sangat drastis. Ini terus berlangsung meskipun terdapat zat kimia yang seimbang.

b. Fungsi Refleks Jantung
                sebuah penelitian telah dilakukan pad relawan yang berbadan sehat. Mereka diminta untuk meminum sejumlah alkohol. Lalu, beberapa dokter memberikan mereka berbagai tekanan untuk mengetahui pengaruh reaksi jantung. Hasilnya, meningkatnya jumlah detak jantung dan tepi pembuluh darah mengkerut. Hasil ini jauh berbeda dengan mereka yang tidak mnum alkohol. Kondisi ini tidak mejadi masalah yang serius bagi orang sehat, tap sangat berbahaya bagi orang yang telah mengalami gangguan pada jantungnya.

c. Sistem Elektris Jantung
                Sistem elektris jantung bisa dicatatkan pada grafik informasi yang terdapat pada monitor khusus yang bergerak cepat-terbatas dan konstan. Gerakan tersebut menghasilkan garis elektris yang dikenal dengan dengan garis elektris jantung (Electro-cardiography; ECG). Orang yang memnun alkohol akan mengalami gangguan pada ritme jantung yang terkadang sebagian tidak berfungsi. Terkadang keadaan ini bisa menyebabkan kematian mendadak bagi pecandu alkohol.
                Attinger dan rekannya melakukan penelitian pada 42 pecandu alkohol tentang gangguan pada ritme jantung. Diketahui mereka yang sering tidak masuk bekerja dalam seminggu adalah mereka yang meminum banyak alkohol. Oleh karena itu, mereka mangalami gangguan jantung pada hari libur (heart syndrome the holiday).
                Gangguan yang mereka alami di antaranya meningkatnya ritme bilik jantung (paroxysmal atrial tachycardia), detak kerutan blik jantung dan bilik pembangkit, percepatan sistem bilik jantung dan kontraksi bilik jantung. Yang terakhir ini (kontraksi bilik jantung) yang paling sering terjadi pada pecandu alkohol mereka merasakan detak jantung yang keras dan tidak beraturan. Kondisi ini terkadang berakibat fatal, dan dapat mengakibatkan pecandunya meninggal dunia secara tiba-tiba.
                Penelitian itu juga menyimpulkan bahwa alkohol mempengaruhi tekanan untuk mencapai sistem elektris jantung. Dampak lebih jauh para pecandu alkohol adalah rusaknya otot lambung. Temuan ini diperkuat oleh Dr. Seagal dan rekannya yang mengatakan bahwa meskipun alkohol diminum satu kali, pasti tetap akan menyerang sistem mekanis dan sistem elektris jantung orang yang meminumnya.
                Dampak alkohol tidak terlalu parah jika tidak ada penyakit lain (komplikasi) pada orang yang meminumya. Namun, orang yang mengalami masalah pada jantungnya, akan sangat berbahaya jika mengkonsumsi minuman keras alkohol.
Para pakar menemukan bahwa jika manusia meminum alkohol enam kali dalam 24 jam, detak jantungnya meningkat dari kondisi normal dan bertambah menjadi 12 detik per menit. Tindakan yang tidak biasa ini menyebabkan jantung harus melemah sepanjang hari. Kondisi ini mempengaruhi otot dan saraf. Cepat atau lambat pengaruh ini akan menurunkan kemampuan jantung melakukann fungsinya. Dampak berikutnya adalah otot menjadi lebar dan longgar sehingga tidak mampu lagi memompa darah. Pada akhirnya, darah yang di butuhkan angggota tubuh berkurang.


Sekian tulisan artikel ini semoga bisa menambah wawasan bagi siapa saja yang membaca arttikel di blog saya, terimaksih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar ya! :)

SUMBER : ENSIKLOPEDIA mukjizat dan hadis "kemukjizatan pengobatan dan makanan"

 http://adhiprawiraa.blogspot.com/2013/10/bahaya-minuman-keras-terhapdap-jantung.h

3 comments:

  1. Produsen dan pengedar miras di negara demokrasi ini sejak JAman DahULu hingga Sekarang masih dibolehkan beroperasi. Sampai kapan yaa?? #mikir #Islam

    ReplyDelete
  2. Thank you for sharing valuable informationNice post,I enjoyed reading this post.

    หนังออนไลน์

    ReplyDelete